Cover Rumah Sakit Terdekat
Kesehatan

Rekomendasi Rumah Sakit di Kemayoran, Jakarta Pusat

Melakukan kontrol ke Rumah Sakit untuk perawatan rutin atau pengobatan menjadi kebutuhan yang cukup penting. Untungnya, kamu dapat menemukan beberapa RS ternama yang ada di sekitar Kemayoran, Jakarta Pusat. Berikut daftar lengkap Rumah Sakit di Kemayoran, Jakarta Pusat lengkap dengan alamat, link Google Maps, serta review pasien dan pengunjungnya.

Rekomendasi Rumah Sakit di Kemayoran, Jakarta Pusat

RSU Hermina Kemayoran

  • Alamat: B-10, Jl. Selangit, RW.10, Gn. Sahari Sel., Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10620, Indonesia
  • Google Map: Klik disini
  • Rating Google: 4.2 (1655)
  • Nomor telepon: +62 21 22602525
  • Website: https://www.herminahospitals.com/id/branch/hermina-kemayoran
  • Jam Buka:
    Senin: Buka 24 jam
    Selasa: Buka 24 jam
    Rabu: Buka 24 jam
    Kamis: Buka 24 jam
    Jumat: Buka 24 jam
    Sabtu: Buka 24 jam
    Minggu: Buka 24 jam
Salah satu RS di Kemayoran, Jakarta Pusat
Salah satu RS di Kemayoran, Jakarta Pusat

Berikut beberapa review terkait rumah sakit ini:

5 Tanggapan pada Rekomendasi Rumah Sakit di Kemayoran, Jakarta Pusat

  1. Birokrasinya sangat amat menyulitkan buat pengurusan administrasinya. Mulai dari pendaftaran, hingga sampai pengurusan rawat inap, informasi yg diberikan dari suster atau petugasnya juga tidak jelas. Jika kita awalnya diurus oleh suster A misalnya untuk adm nya, jadi klo apa² harus dengan suster A juga, padahal cuma minta surat pengantar untuk PCR. Itu pun bisa sekitar 1 – 2 hari bolak balik. Setelah dapat suratnya, diminta langsung ke petugas PCR nya, padahal sudah ditanyakan, apakah kita mesti urus kemana lagi ?, jawabnya tidak usah, tapi kenyataannya Zonk. Orang diminta untuk urus datanya lagi di samping IGD, dan anehnya setelah lama antri untuk urus tersebut, tiba² didalam diminta ada pengantar lagi dari petugas/susternya lagi yg di lantai 2. PARAH.!!!!, SEMUA SERBA MEMBINGUNGKAN DAN MENYULITKAN.
    lagi lagi, harus diurus dengan suster/petugasnya yg awal pengurusan.
    Ini saja pengurusan dengan BPJS perusahaan, gimana yg pribadi atau yg gratisan, keburu orang lewat sebelum ketemu tindakan.
    SANGAT BURUK BIROKRASI PELAYANAN DENGAN BPJS DISINI.
    *mungkin yg memberikan penilaian bintang 5 itu petugas atau orang dalam RS nya itu sendiri*.
    Tolong diperbaiki pelayanannya, dan bukan hanya dijawab dengan komputer jika ada keluhan

  2. gak lagi2 kedokter THT apalagi dokter mutia budiati. pelit banget ngomong dok. kt bw anak buat cek kasih tau lah seiprit info.dity dicuekin tah g ngomong gk kedengaran kali ye 2x .. trusss kasih resep ude .. gua tanya dong emang pake obatnye gmn dok gak dijlskan.. bru dijelaskan..
    haloo dok yg bner dong.. byr loh..bukan bpjs dok. kasih obat.. obat nya ud gk klaur lgi masa iye gk tauuuu… hermina kosong disgala apotikpun kosong krn emang sudah tdk dikeluarkan lgi… kec apotik2 yg jual sisa aja… gilaa berasa sia2. masih nyuruh dtg lgi mggu depan.. lahhh… lu endoskopi ude lu kamerain . mala tanya ke gua.. yg berdarahnya sbelah mana mom kupingnya.. lah td bukan di endoskopi dokter jg liat.. piyeeeetoh piyeeee….

    mau telp kehermina krn obat sudah tdk klaur lgi gantinya apa.. ya owohhh 10x ditrlp gak ada yg mau angkat… g telp jam 15.00an belom jam plg kali…

  3. Antrian farmasi untuk penyerahan obat, ga jelas. Ga ada yg jaga, tdk ada petunjuk layar antrian ambil obat. Untuk proses ambil obat 1buah aja bs memakan waktu setengah jam lebih. Tolong di perbaiki service nya

  4. Dari saat diterima sbg pasien IGD, Bibi (Ibu Dra Sartati Nainggolan, usia 91 th, menderita patah tulang panggul) kami dilayani dg baik dan diberi penanganan standar dan perhatian yg cukup. Dioperasi (untuk penggantian tulang panggul) sbg pasien BPJS pd hari berikutnya, dirawat untuk pemulihan dan menyelesaikan pengobatannya dalam 1 minggu. Luka operasi telah kering dan dinyatakan boleh pulang. Teapi keluarga memutuskan untuk melanjutkan unt perawatan penyembuhan dgn pembayaran Pribadi. Setelah 1 minggu berikutnya Alhamdulillah Ibu Sartati sudah mampu untuk duduk si kursi roda, dan kami memutuskan mengakhiri perawatan dan membawanya pulang. Kami merasa puas dengan pelayanan yg diberikan, baik oleh para dokter, perawat, petugas keamanan, dan petugas kebersihannya. Terima kasih.

  5. Proses katerisasi oleh DR SURYA DHARMA, karena tangan dan kaki suka dingin dan setelah makan bila beraktivitas agak berat terasa mual (asam lambung naik) setelah dibuang/dimuntahkan air liur cukup banyak , terasa nyaman untuk beraktivitas.
    Prosesnya: 1. Dirujuk oleh DR GEIZ untuk periksa lebih lanjut dgn Dr Surya Dharma di RS Hermina Kemayoran.
    2. Pemeriksaan oleh Dr Surya direkomendasikan katerisasi biar bisa tuntas dimana saja penyumbatan alteleri koroner terjadi
    3. Tindakan lanjut Ronsen Paru dan periksa darah ( apakah laik untuk tidakan katersasi )
    4. Setelah proseduralnya laik , langsung tindakan , datang pagi pkl 6.00 ( puasa makan sampai pkl 5.30 minum boleh ) pendaftaran katerisasi dan mulai tindakan pkl 10.00 sekitar 15 menit selesai tindakan katerisasi tidak terasa sakit ,kerjanya cepat dan akurat , setelah selesai pergelangan tangan kanan yg di tindak tidak boleh digerakan selam 3 jam agar pendarahan bisa berhenti, hasilnya 2 alteleri 100%tersumbat dan 1 alteleri 90% tersumbat dgn adanya hasil ini tidak bisa lagi memasang Ring dan harus tindakan lanjut bypass jantung. Proses bypass sedang dijalankan , bila tindakan bypass jantung selesai akan saya laporkan kembali. kontrol pertama dengan Dr Surya Dharma setelah keterisasi dirujuk ke RS Gatot Subroto ,setelah datang ke RS Gatot Subroto untuk proses bypass ternyata ditolak karena ada alatnya yg rusak di Rs Gatot Subroto dirujuk kembali ke RS Hermina Kemayoran dengan saran di rujuk ke RS Harapan kita
    Karena tolakan di RS Gatot Subroto tidak mengintruksikan minta surat rujukan balik ke RS Hermina Kemayoran ( saya juga awam dalam hal ini ), saya sampai 3X tidak bisa kontrol ke Dr SURYA DHARMA pada akhirnya dikasih tau satpam lantai 2 harus meminta surat rujukan balik ke RS Hermina Kemayoran dari Rs Gatot Subroto, akhirnya saya ke loket pendaftaran poli jantung lantai 2 RS Gatot Subroto,saya ceritakan pengalaman yg tidak bisa kontrol 3x di RS Hermina Kemayoran dan minta surat rujukan kembali ke RS Hermina Kemayoran ,pelayanannya baik diarahkan ke lantai 1 kantor BPJS untuk dibuat surat rujukan ke RS Hermina Kemayoran.setelah dapat surat ini (tgl 11 Oktober 2022 ) baru bisa digunakan 1 hari lagi.Hari ini tgl12oktober 2022 saya hendak daftar melalui online di RS Hermina Kemayoran untuk daftar kontrol dgn Dr Surya Dharma minta dirujuk ke RS harapan kita,tidak bisa karena tidak ada kuotanya/ saya tidak mengerti sedangkan saya coba daftar sampai dengan tgl akhir bulan Oktober juga tidak ada kuotanya, sehingga saya coba daftar melalui call center yg sangat sibuk ( ada kendala lain )selama 1 dihari ini sudah sebanyak 6x saya telepon tetapi tidak bisa, apa fungsinya Call center kalau susah dihubungi.

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Rumah Sakit Lainnya di Kemayoran, Jakarta Pusat

Salah satu RS di Kemayoran, Jakarta Pusat
Salah satu RS di Kemayoran, Jakarta Pusat

Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran

  • Alamat: Jl. HBR Motik, RT.13/RW.6, Kb. Kosong, Kec. Kemayoran, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10630, Indonesia
  • Google Map: Klik disini
  • Rating Google: 4 (872)
  • Nomor telepon: +62 21 6545555
  • Website: https://mitrakeluarga.com/kemayoran/menu-fasilitas-rs
  • Jam Buka:
    Senin: Buka 24 jam
    Selasa: Buka 24 jam
    Rabu: Buka 24 jam
    Kamis: Buka 24 jam
    Jumat: Buka 24 jam
    Sabtu: Buka 24 jam
    Minggu: Buka 24 jam
  • Ulasan:
    Selama saya dirawat di ruang VIP, pelayanannya sangat memuaskan, mulai dari bagian kebersihan sampai dokter2nya. Semua melakukan yang terbaik. Terima kasih mitra kemayoran
    ✭✭✭✭✭ By Amora Aroma (6 bulan lalu)
    Saya menemani rekan saya sakit dengan gejala batuk-batuk berdahak, dada sakit, kembung dan muntah. Saya mengurus dengan biaya umum, saya harus menandatangani pengecekan Lab darah, rontgen thorax, Antigen, dan PCR, saya juga sudah memesan kamar. Saya menunggu sampai masuk kamar lebih dari 3 jam, menunggu hasil thorax lebih dari 24 jam, padahal dokter internis sudah konsultasi 2 kali, hari pertama kemarin konsultasi siang saat di IGD dan saat dikamar dan saat dokter cek konsultasi kedua hari ini sudah siang dibilang hasil thorax juga belum keluar, dan harus tes lagi darah yang kedua kalinya, urine dan usg untuk memastikan penyakitnya apa, padahal 1 hasil thorax saja belum keluar, belum di obervasi serta belum ada penjelasan terkait hasil thorax. Akhirnya saya inisiatif tanya
    bagian lab, ternyata hasilnya sudah keluar tapi ada revisi (baru kali ini denger hasil lab thorax bisa ada revisi). Saya juga ke kasir untuk melihat rincian biaya yang lumayan mahal. Kemudian saya ke bagian penjaga suster depan kamar, dan Barulah dijelaskan dengan dokter jaga yang lain. Akhirnya kami memutuskan untuk keluar dari RS ini sejak siang jam 12.51 wib, namun sampai jam 18.07 (5 jam) sekarang belum bisa keluar dengan alasan masih menunggu dokter dan obat di apotik. Overall I feel I got bad impression from their management system. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi.
    By Rama Manasya (3 minggu yang lalu)
    Pelayanan dokternya sih memuaskan banget, dokternya jg tanggap & ga bikin panik pasien. Tapiii LABORATORIUMNYA PARAH BANGET. maap ya, kan udah ada mesin antrian, tp orang serabat serobot gak dilarang. Pas kita nanya, bilangnya “ini yg rawat inap dulu ya mba”. Lah fungsinya nomor antrian apa? Kalo emg mendahulukan pasien rawat inap, buka loket yg berbeda dong. Kalo emg ga memungkinkan, PATUH DONG SAMA MESIN ANTRIAN. Pantesan aja ngantri sampe 30 menit antriannya geraknya lamaaa bgt, org diserobot. Udah 3 kali kesini, lama2 merhatiin org2 jg jd gak pada ambil nmr antrian. Harus bisa tegas dong petugasnya, kalo ada nmr antrian ya ikutin lah nmr antriannya…kalo org serobat serobot dilayanin, apa gunanya ada nmr antrian? Overall pelayanan dokter umum saya ga ada masalah, tp labnya haduuu tolong dibenahi lg ya
    ✭✭✭ By Hasna Budi (3 bulan lalu)
    Pelayanan sangat² mengecewakan.
    lamban dan tdk ramah/tdk friendly.
    2 org ini viki & nur pada bagian pendaftaran rawat inap,
    perlu di TATAR supaya santun & cara kerjanya
    Janji 30 menit utk menyiapkan kamar (kamar Utama)
    Sdh lbh dr 30 menit,
    kamar masih belum ready dgn alasan masih dibersihkan,
    Padahal sebelumnya mrk bilang sedang dibersihkan

    2x makanan tidak diantar
    (makan malam & makan siang)
    Saya harus meminta dan menegur dulu, baru makanan diantar.

    Kapokkkkk dgn pelayanan yg sangat² buruk.
    Yg dipentingkan pihak rumah sakit hanya uang aja. Tanpa memikirkan Hak pasien.

    Semoga pengalaman ini utk pertimbangan masyarakat yg ingin dirawat di rmh sakit ini.

    By OK H (2 bulan lalu)
    Nunggu dipanggil dokter 1 jam, nunggu porses pembayaran asuransi 1 jam, tunggu obat selesai 2 jam.
    Menurut saya harusnya bisa di speed up, terutama untuk pasien asuransi. Ingat kita yg berobat sedang sakit, diusahakan jangan menunggu terlalu lama!
    Rating ini akan saya perbaiki kalau dari pihak RS Mitra Kekuarga ada perbaikan.
    By Adrian Hartanto (3 minggu yang lalu)

Rumah Sakit Islam Jakarta

  • Alamat: Jl. Cemp. Putih Tengah I Jl. Cempaka Putih Tengah XXX No.1, RT.11/RW.5, Cemp. Putih Tim., Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510, Indonesia
  • Google Map: Klik disini
  • Rating Google: 3.8 (760)
  • Nomor telepon: +62 21 4250451
  • Website: http://www.rsi.co.id/
  • Jam Buka:
    Senin: Buka 24 jam
    Selasa: Buka 24 jam
    Rabu: Buka 24 jam
    Kamis: Buka 24 jam
    Jumat: Buka 24 jam
    Sabtu: Buka 24 jam
    Minggu: Buka 24 jam
  • Ulasan:
    Pelayanannya bagus, petugasnya ramah mulai dari security, pihak admin RS, suster dan dokternya. Dua minggu lalu Bapak Saya opname di sini tapi gak kena PCR dan test swab buat pasien dan pengunjung. Kalo RS lain ketat, harus di swab dulu dan dikenain charge tapi kalo disini gak. Yang unik adalah saat sholat Jumat, khatibnya mengajak jamaah berdoa bersama untuk semua pasien yg dirawat di sini. Menurut Saya jarang ada RS yang mengutamakan nilai Islami begini dan bisa dirasakan langsung sama pasien maupun pihak keluarga pasien.
    ✭✭✭✭✭ By Tedi Spa Mental (3 bulan lalu)
    Saya barusan mau konsul dokter karena ada benjolan kecil di kulit dan ga sakit sama sekali. Saya bermaksud mau ke polinya saja; ke dokter umum atau spesialis kulit. Tapi dilarang masuk sama security perempuan yg jaga dg alasan saya ga tau nama polinya apa. Dg tatapan sinis, jutek dan sama sekali ga kasih informasi. Bahkan saat saya ijin boleh ga ke Front Office/ Bagian informasi/ Suster Poli yg jaga dulu untuk menanyakan tepatnya ke dokter apa. Saya ga dikasih ijin masuk. Hanya saya ga tau harus ke poli mana saya ga diijinkan menginjakan kaki di RS itu? Malah dg cetus, kalau Bpk ga tau kmn ya sdh ke Gawat Darurat saja. Lahhh. Apakah seperti ini cara RS ISLAM memperlakukan tamu/pasien??? Dan saya gagal paham sama konsep gawat darurat rumah sakit ini. Apakah semuanya harus masuk IGD dulu, kan biasanya ada poli untuk melayani penyakit2 yg umum yg ga darurat segera ditangani. Kasihan dong nanti pasien2 darurat yg harus segera ditangani kalau numpuk semua suruh ke IGD.
    By Yan Talk (5 bulan lalu)
    Yg perlu dibenahi:
    -Lokasi dan ketersediaan parkir
    -Waktu tunggu administrasi lumayan lama.
    -Ketersediaan Fasilitaa Print (bisa berbayar) karna terlalu capek dan repot ketika uda urgent masih harus PP ngitarin Jakarta yg macetnya super.

    Selebihnya lumayan lengkap dan ramah.

    ✭✭✭✭ By yusuf sianturi (10 bulan lalu)
    1. Saat kondisi hujan bagi pengunjung gedung raudhah yg parkir di basement terpaksa harus hujan2an krn tidak dikasih pilihan akses dari dan ke parkiran yg terlindung dari hujan padahal ada pintu + lift yg langsung menuju parkiran basement tsb (alasan terlampir di foto), harusnya SOP yang menyesuaikan kebutuhan pengunjung bukan sebaliknya, efektivitas aturan inipun harusnya dievaluasi apakah lebih banyak manfaat atau mudarat bagi pengunjung.

    2. Saat mau bayar di kasir petugas awalnya ga mau terima pembayaran pake debit padahal ada EDC dan berfungsi, alasannya kasir sedang butuh cash dan pengunjung disuruh tarik tunai dulu di atm (kebutuhan kasir kok pengunjung yg disuruh memenuhi, logikanya di mana?!), meskipun akhirnya mau terima pembayaran debit tp cukup mengecewakan krn ini namanya mentalitas mempersulit bukan mempermudah & melayani pengunjung.

    ✭✭ By Yogi Aditya Putra (7 bulan lalu)
    Tolong diperbaiki prosedur pelayanan antri resep dan mengambil obat. Masa 1 jam cuman dapet 10 nomor antrian. Mau jadi apa orang disuruh nunggu lama2..
    By Hanif Muslim (sebulan yang lalu)

RSUD Kemayoran

  • Alamat: Jl. Serdang Baru I, Serdang, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10650, Indonesia
  • Google Map: Klik disini
  • Rating Google: 3.1 (371)
  • Nomor telepon: +62 21 4244277
  • Website: http://rsukemayoran.jakarta.go.id/
  • Jam Buka:
    Senin: Buka 24 jam
    Selasa: Buka 24 jam
    Rabu: Buka 24 jam
    Kamis: Buka 24 jam
    Jumat: Buka 24 jam
    Sabtu: Buka 24 jam
    Minggu: Buka 24 jam
  • Ulasan:
    pelayanannya sangat mengecewakan. istri saya didalam menemani anak saya dan saya menunggu didepa, tujuannya hanya ganti perban saja. masuk dr jam 20:30 sampai jam 22:00 istri saya g boleh keluar untuk untuk manggil saya yg kebetulan ga bawa hp. padahal pengerjaan hanya -+5 menit selesai. kata dokter bilang ke istri saya ,sudah dikasih tau ke suami (saya) ,. padahal sama sekali saya ga dikasih tau untuk ke kasir atau sbgnya. kasihan istri didalam gendong hampi 3 jam nunggu saya didalam padahal saya diluar ga ada yg ngasih tau dokter atau siapapun. dan istri saya maksa keluar walau tadinya dilarang sama dokter dan manggil saya didepan. dokter yang melarang istri saya keluar merasa kaya ga bersalah banget astagfirullah semoga allah mengampuni mu dokter..
    By mujikrist (4 minggu yang lalu)
    Pelayanannya bagus meskipun antri, biaya lbh murah dibanding RS Swasta, bisa pakai BPJS, Lumayan lengkap fasilitasnya, tmptnya di dekat pasar jd agak macet klo mau ke sana.
    ✭✭✭✭ By Nevan Hanan Yaga (3 bulan lalu)
    Banyak yg harus dibenahi dari segi pelayanannya. Pernah mau radiologi sama lab. Label identitas pasien salah, identitas kan bukan hal sepele bisa beda diagnosis bisa beda biaya. Buat ngurus inipun Dilempar sana-sini. Komplen ke pendaftaran, kirain mau dibantu betulin identitas, konfirmasi pemeriksaan terus daftarin keperluan kami eh pendaftaran malah ikut marah-marah karna kami komplain, harusnya periksa identitas pasien, konfirmasi dll, Kami customer malah disuruh nyari sendiri susternya, suruh konfirmasi ke susternya yg tugas saat kontrol lalu. Mana tau susternya dinas atau gak hari itu. Kami yg suruh samperin susternya ke poli lain. Saya memaklumi human error itu pasti terjadi, kiranya kalo ada komplen ya diberikan solusi bukan balik marah karna ada komplen. Sebagai langganan berobat disana tidak semua jelek, ada juga yg sudah baik kiranya dipertahankan ,yang belum segera dibenahi. Supaya bisa memberikan pelayanan lebih baik lagi.
    By Ciah Sulandari (3 minggu yang lalu)
    Rumah Sakit dengan pelayanan TERJELEK yang ada dijakarta, saya tidak rekomendasikan kalian berobat disini, saya dapat rujukan klinik utk periksa disini tapi dipersulit satpam , kuota pasien harian 30 tapi baru 12 yg daftar langsung di close pendaftaran dan suruh balik besok subuh.. satpam suka ambil kesimpulan sendiri tanpa tanya ke pimpinan di dalam RS. Pokoknya ribet 2 hari berturut2 saya di persulit sama MANAGEMENT RS ini yang tidak jelas… Ganti penanggung jawab nya yg kurang perhatikan bawahannya
    By Je E (4 bulan lalu)
    RSUD apaan nih, kalo bisa cari RS lain yg lebih bagus. Saya gk rekomen di RS ini.. saya dapet rujukan buat ke spesialis dalam malah satpam mempersulit orang. Disuruh bolak balik dengan macem2 alesan mulai dari antrian abis lah, kesiangan lah, harus daftar lewat w/a lah. Ini yg gk mau diribetin sama pasien sebenernya siapa, dokter2 yg gabut atau RSnya?? Tolong deh ya diperbaiki lg pelayanannya, jangan asal2an. Pasien mau berobat, bukan mau plesiran ke RS. Saya jamin ya, orang juga kalo gak sakit atau terpaksa gk akan mau yg namanya bolak balik RS!! Inget ya kalian pada yg mempersulit, saya doain sehat terus, jangan sampe sakit.
    By Dina Dina (5 bulan lalu)

Rumah Sakit Kramat 128

  • Alamat: Jl. Kramat Raya No.128, RT.1/RW.8, Kenari, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430, Indonesia
  • Google Map: Klik disini
  • Rating Google: 3.9 (260)

Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID19 Wisma Atlet Kemayoran

  • Alamat: Jl. Rd.H. Keneng Mudatsir No.13, RW.6, Sunter Agung, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14360, Indonesia
  • Google Map: Klik disini
  • Rating Google: 4.6 (110)

NARAYA MEDICAL CENTER UNIT DKI

  • Alamat: Jl. Ruko Cemp. Mas Blok O No.38, Sumur Batu, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10640, Indonesia
  • Google Map: Klik disini
  • Rating Google: 3.8 (49)
Salah satu RS di Kemayoran, Jakarta Pusat
Salah satu RS di Kemayoran, Jakarta Pusat

Dari daftar lengkap rumah sakit yang ada di Kemayoran, Jakarta Pusat ini, kamu tidak perlu bingung lagi apabila ingin mencari UGD 24 jam dan layanan kesehatan terdekat. Untuk meninggalkan komentar, silakan tambahkan tanggapan kamu pada form yang telah disediakan diatas.

Posted by
Muhamad Syarif

Mencari apa yang tidak dicari orang kebanyakan, menemukan apa yang hilang dari orang kebanyakan.